Perbedaan Rasa Nafsu dan Rasa Cinta

Banyak yang mengatakan bahwa cinta itu buta. Tetapi pada kenyataannya memang benar demikian adanya. Seseorang yang telah jatuh cinta, seakan tidak ada celah sedikitpun dari orang yang dicintainya itu. Yang terlihat hanya sisi baiknya saja.

Sehingga banyak pasangan yang terkecoh dengan hubungan yang telah mereka jalani. Mereka tidak bisa menilai apakah hubungan mereka itu karena cinta ataukah hanya karena nafsu belaka? Karena antara nafsu dan cinta hampir sulit untuk dibedakan, karena perbedaannya sangatlah tipis.

Berdasarkan pendapat para ahli, cinta merupakan emosi yang terjadi dari dua orang yang mempunyai perasaan sama. Ada perasaan saling percaya dan saling pengertian diantara keduanya, dan inilah emosi yang memiliki efek yang positif dan emosi dalam menjalin hubungan ke arah yang lebih baik.

Sedangkan nafsu merupakan sifat alami manusia yang berpengaruh dalam melakukan aktivitas seksual. Dan seringkali seseorang bila terjebak dalam nafsu ini, maka seseorang hanya berfikir tentang bercinta. Untuk itulah, kamu harus bisa pahami tentang nafsu dan sesuatu yang tercipta karena cinta.





Hubungan yang berlandaskan nafsu :

  • Nafsu hanya akan melihat dari sisi lahiriah saja. Jika pacar kamu hanya menilai kamu dari penampilan fisik tanpa memperdulikan tentang sifat dan kepribadian kamu, bisa dipastikan kalau hubungan ini hanya berlandaskan nafsu semata. 


  • Biasanya hubungan yang berlandaskan nafsu hanya berinteraksi saat melakukan hubungan fisik saja, sehingga sama sekali tidak tertarik atau memperdulikan masalah yang berkaitan dengan pribadi kamu, misalnya tentang keluarga, hobby, pekerjaan, teman, dan lain-lain.


  • Pacar kamu tidak pernah menunjukkan adanya rasa sayang, meskipun itu hanya sebuah pernyataan.


  • Seakan tidak pernah ada perasaan terhadap kamu, tapi dia hanya membutuhkan tubuh kamu saja dan tidak pernah menghendaki kehadiran kamu.  Hubungan yang hanya dimanfaatkan sebagai pelampiasan seksual belaka.



Hubungan yang berlandaskan cinta:

  • Biasanya pasangan ini akan membuat suatu komunikasi yang logis tentang masa kini dan masa depan. Selalu ada keinginan untuk selalu bertemu dan menghabiskan waktu hanya berdua saja, berbagi cerita, dan saling bercanda.
  • Pasangan yang sedang jatuh cinta biasanya akan selalu merasakan suatu kerinduan yang mendalam, seakan tidak ingin berpisah walaupun hanya sedetik. Bukan dimaksudkan untuk kontak fisik, tetapi hanya sekedar ingin selalu melihat wajahnya, dan ada rasa takut kehilangan dia.


  • Ada saling pengertian diantara keduanya, sehingga tidak ingin pasangannya menderita dan selalu mendambakan pasangannya berbahagia.


  • Cinta selalu membuat seseorang menjadi lebih baik, karena pasangan yang sedang jatuh cinta akan saling melengkapi kekurangan diantara keduanya dan tidak pernah mempermasalahkan adanya kekurangan.
  • Pasangan yang berlandaskan cinta akan merasa yakin dan tidak ada keraguan untuk hubungan jangka panjang, dan akan berfikir untuk melanjutkan hubungan ini ke pelaminan.






Biasanya suatu hubungan yang ideal akan dibumbui dengan rasa cemburu, dan masing-masing akan menunjukkan rasa cinta dengan sikap takut kehilangan, atau merasakan suatu kerinduan jika saat-saat tertentu tidak bertemu dan adanya ungkapan rasa cinta diantara keduanya.

Tanyakan pada diri kamu apakah kamu memang benar-benar cinta kepadanya?

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Silahkan komentar